Mengapa Terjadi Sengketa di Perkebunan ?


https://sawitnotif.pkt-group.com/wp-content/uploads/2018/02/Umur-Kelapa-Sawit.jpg
Tidak jarang para pelaku perkebunan menghadapi sengketa di lapangan. Meskipun mengklaim mengantungi legalitas tidak jarang muncul gugatan dan reaksi dari masyarkat sekitar. Lalu pertanyaanya apa yang menyebabkan timbulnya sengketa tersebut?
Menurut kami ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya sengketa. Pertama, karena adanya tumpang tindih izin. Seringkali pemerintah daerah yang tidak cermat dalam memberikan izin seringkali mengakibatkan izin yang diberikan pada satu perusahaan tumpang tindih dengan izin lain misalnya izin pertambangan. Sehingga yang terjadi adalah sengketa antara pengusaha dan tidak jarang pemerintah lepas tangan.
Kedua, karena perusahaan tidak melakukan kewajibannya. Seperti yang terjadi pada perkebunan kelapa sawit yang dikenakan kewajiban membangun plasma 20 persen. Namun fakta di lapangan banyak perusahaan yang tidak melakukan aturan tersebut dan tidak membangun relasi yang positif dengan masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat yang merasa lahan tradisional digunakan perusahaan merasa tidak mendapatkan manfaat dari perusahaan.
Ketiga, karena perusahaan melanggar aturan. Tidak jarang perusahaan melakukan tindak yang tidak sesuai ketentuan seperti tidak mengelola limbah dengan baik atau bahkan membuat ke sungai. Jelas ini akan menganggu masyarakat sekitar dan menimbulkan reaksi negatif.  

No comments:

Post a Comment

Menarik